Minggu, 03 Januari 2010

Tips Memperkuat Ingatan


Setiap orang pasti pernah merasakan lupa. Namun, jika hal ini sering terjadi tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Banyak hal-hal yang mesti diingat tanpa keinginan untuk menghapus informasi lama yang telah disimpan. Ingatan sangat penting peranannya. Bukan hanya untuk menyimpan materi-materi kuliah agar berhasil dalam ujian, melainkan juga untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Parahnya, bagi penderita Alzheimer caranya makan saja bisa lupa. Jadi, kita harus menjaga kekuatan mengingat dari sekarang. inilah beberapa tips sederhana untuk memperkuat ingatan
  1. take a mental journey : rumah adalah tempat yang setiap hari kita lihat. Kita pasti hafal letak barang-barang di dalam tiap ruangan karena seringnya kita melihat. misalnya, letak vas bunga, lukisan, telepon, meja belajar, gantungan baju dan sebagainya. dari hal-hal kecil sampai yang besar kita pasti ingat letaknya. Bagaimana caranya, yaitu dengan menghubungkan sesuatu yang perlu diingat dengan barang-barang yang ada di rumah. jika memiliki daftar barang yang harus dibelanjakan, susu, roti, dan mentega. untuk menghafalnya cukup berjalan di dalam rumah untuk mengaitkannya satu sama lain. misalnya, susu di dalam vas bunga, lukisan roti, dan meja belajar yang berwarna mentega.
  2. double your shut-eye : tidur yang cukup dapat membantu memperkuatan ingatan memang benar. akan tetapi, tidur yang nyenyak dan cukup semalam sebelum peristiwa penting tidaklah cukup membantu. penelitian menunjukkan bahwa sebenarnya kita butuh dua tidur malam yang baik untuk ingatan yang terbaik. penelitian ini dijalakankan oleh sekolah kedokteran di Harvard, yang menunjukkan bahwa lupa terjadi jika kita diberikan gangguan pada kedua malam sebelum penelitian dilakukan.
  3. be a teacher : berdasarkan penelitian yang dipimpin oleh psikolog kognitif Helga Noice dari Universitas Indiana States, seseorang yang berimajinasi menjelaskan dan mengubah materi pada orang lain, ia akan belajar untuk mempertahankan lebih banyak informasi. bayangkanlah jika anda sedang menjelaskan suatu konsep detil pada seorang teman.
  4. allocate celebrity name doubles : kita dapat mengingat dengan baik wajah seseorang daripada nama dari orang tersebut. disarankan untuk mengaitkan nama orang yang baru kita kenal dengan selebritis yang namanya hampir sama dengannya. dikarenakan kita lebih baik dalam mengingat wajah seseorang, wajah dari orang yang terkenal akan muncul ketika bertemu dengan orang itu kembali dan akan memberikan petunjuk siapa namanya.(Psychologies magazine, edisi Januari 2010).
SELAMAT MENCOBA!!! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar